Perulangan for, while,dan do-while di C++

Apasih perulangan,...?

Perulangan adalah instruksi program yang bertujuan untuk mengulang beberapa baris perintah. Fungsinya biasanya untuk melakukan proses yang berulang-ulang, contoh : mencetak angan 1-100. Ada 3 cara ntuk melakukan perulangan : for, while-do, dan  do-while.

A. Perulangan dengan Fungsi For
Dasar format penulisan perulangan for dalam C++
 Start adalah kondisi awal pada saat perulangan, biasanya kondisi awal ini digunakan untuk membuat dan memberikan nilai pada variabel yang digunakan untuk mengontrol perulangan. Misalnya, kita akan membuat variabel i, maka untuk kondisi start ini, kita juga harus memberikan nilai awal untuk variabel i, misalnya dengan 1, maka i=1 dan jika kita ingin menghentikan perulangan variabel i telah mencapai nilai 10, maka pada bagian condition ini kita membuat perintah i<=10 yang berarti selama nilai i kurang atau sama dengan 10, terus lakukan perulangan.

Condition adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan. Selama kondisi ini terpenuhi, maka C++ akan terus melakukan perulangan.

Increment adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan. Umumnya nilai variable tersebut bertambah (i++) / berkurang (i--) 1 (satu).

Satatement adalah bagian kode program yang akan diproses secara terus-menerus selama proses perulangan berlangsung. Kita membuat blok program di antara tanda kurung kurawal ({ dan }) sebagai penanda bahwa bagian di dalam kurung kurawal inilah yang akan dikenai proses perulangan

Contoh perulangan dengan fungsi for pada C++
#include <iostream>
using namespace std;
void CetakAngka (int i, int j) {
    for (i=1; i <= j; i++){
        cout <<i<<'\n';
    }
    
}
int main (){
        CetakAngka (1,10);
}
Maka jika dijalankan akan seperti ini

B. Perulangan dengan Fungsi While-Do
Dalam perulangan while, program akan terus melakukan perulangan dengan mengeksekusi pernyataan target selama kondisi bernilai benar. 
Penulisan dasar format perulangan while dalam C++ adalah sebagai berikut:
Condition  adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berlangsung. Kondisi ini  seperti dalam perulangan for. Condition ini akan diperiksa pada tiap perulangan, dan hanya jika hasilnya FALSE, maka proses perulangan berhenti. Artinya kita tidak tahu berapa banyaknya perulangan. Karena, selama condition bernilai TRUE, maka perulangan akan terus dilakukan.
Statement adalah kode program yang akan diulang. Tanda kurung kurawal diperlukan untuk membatasi blok program yang akan diulang. Jika statement hanya terdiri dari 1 baris, maka tidak diperlukan.

Contoh perulangan while-do
#include <iostream>

using namespace std;
int main() {
    // Local variable declaration:
    int a = 1;
    
    // while loop execution
    while( a < 10) {
        cout << "value of a: " << a <<endl;
        a++;
    }
    return 0;
}
Jika dijalankan akan seperti ini

C. Perulangan dengan fungsi Do-While

Sebenarnya, do while itu hampir sama dengan while-do. Jika while-do = selama…, melakukan , maka do while = melakukan, selama…

Berikut adalah contohperulangan dengan fungsi Do-While
#include <iostream>

using namespace std;
int main() {
    // Local variable declaration:
    int a = 1;
    
    // while loop execution
    do {
        cout << "value of a: " << a <<endl;
        a=a+1;
    } while (a<10);
    return 0;
}
Jika dijalankan akan seperti ini


0 Response to "Perulangan for, while,dan do-while di C++"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel